masih lanjutan UN....

on Wednesday, February 18, 2009


Masih lanjutan seputar UN….

Sudah baca tips and trik untuk menghadapi Ujian Nasional?
Belum???
Baca dulu ya… kalo sudah selesai, baru baca yang ini!
Ok…. 1, 2, 3… yuks

Ujian Nasional, dua kata itu pasti akan menjamah kamu semua yang memang harus lulus dari sekolah tempat belajar. Toh.. kamu semua pun pasti pada pengen lulus kan, iya kan.. iya donk. Ngga mungkin kamu menghindar dari yang namanya UN alias Ujian Nasional.
Nah.. kerana kita ngga mungkin menghindar,,,,, maka satu-satunya cara adalah dihadapi. Apa??? Yup… dihadapi (coba kepalkan tangan kamu dan bilang kamu bisa… )
apa??? Kurang terdengar.,., coba lebih keras lagi….. yup bisa
satu kata itu mampu menyihir kamu yang sedang deg-degan menghadapi UN menjadi pribadi yang lebih siap lagi. Ssstttt….. ini rahasia ya….. antara kamu (yang mau lulus UN) dan aku (yang m’coba untuk sedikit membantu_semoga bermanfaat)
Selalu dengungkan dalam hati kamu…
aku pasti lulus UN, ya Allah berikanlah rahmatMu pada hambaMu ini agar aku bisa melewati ujian kehidupan ini”
Jujur… inilah kalimatku dulu yang selalu kudengungkan dalam hatiku ketika mau lulus Ujian Nasional. Kebetulan, angkatanku adalah angkatan yang pertama (kasarnya angkatan uji coba dari pemerintah apakah program pemerintah tentang UN ini baik atau tidak, dilanjutkan atau tidak). Tapi ya… mau diapain lagi.. toh UN memang harus kita hadapi, ya,, ngga?
Kalimat diatas, mengandung dua kekuatan yang sangat besar bagiku
Pertama, kekuatan untuk meyakini bahwa siapapun kita, dimanapun kita, insyaAllah (99%) pasti lulus UN. Ketika keyakinan itu timbul, maka tembok ataupun benteng yang membuat kita ragu akan luluh dengan sendirinya. Kamu yang awalnya males belajar… insyaAllah jadi lebih rajin belajar karena keinginan kamu untuk lulus lebih besar dibandingkan dengan godaan syaitan alias males belajar. Tapi… yah tergantung seberapa besar keinginan kamu untuk lulus,,,???
Aku yakin seratus persen, kalo kamu hanya memiliki keyakinan untuk lulus sebesar 70%, maka jangan salah bunda mengandung (maksudnya apa lagi?/?/#$%$#%), lanjut: kamu masih males-malesan belajar. Tapi coba yakinkan diri kamu minimal 99%, maka : belajar??? It’s not so boring 4 me, belajar akan terasa menyenangkan dan enjoy aja bro’. cobalah untuk menikmati setiap pelajaran-pelajaran yang di UNkan dan lihat apa yang terjadi…

Kedua, kekuatan untuk merendahkan diri kita dihadapan sang Khaliq dengan menghamba dan meminta. Ini penting banget loh… (mungkin kamu berpikir bahwa ini sama saja dengan berdoa, tapi bisa dibilang begitu juga kok. Hanya bedanya, kalimat ini digunakan untuk menguatkan mental kamu agar lebih siap lagi)
Memang tidak mudah untuk merendahkan diri kita dihadapan orang lain, karena kita merasa apa yang dimiliki orang lain, kita pun bisa memilikinya. Tapi dihadapan Allah swt, kamu memang wajib merendahkan diri, toh dihadapanNya kamu memang tak bisa apa-apa kan??? Ingat… Allah swt. adalah penggenggam alam semesta dan seisinya, kamupun berada dalam genggaman Allah,,, so… mintalah pada Allah swt yang menggenggam bumi dan seisinya ini…
yang aku tahu… Allah menyukai seorang hamba yang datang meminta kepadaNya dalam keadaan merendahkan diri. So… cobalah meminta kepada Allah dalam keadaan merendahkan diri dan mengagungkan namaNya

Untuk direnungkan….
Carilah tempat untuk menyendiri… (bisa di kamar, di masjid, ataupun mushola), pastikan kamu hanya sendiri.
Terus kamu pikirkan ini…
Jika seandainya waktu yang kamu miliki saat ini tidak digunakan untuk hal-hal yang menunjang kelulusan kamu untuk UN, misalnya kamu lebih banyak bermain dibandingkan belajar, lebih banyak berbuat kesalahan dari pada kebaikan. Dan ternyata… kamu dinyatakan TIDAK LULUS UN (maaf bukannya sadis ya… ini penting untuk menyadarkan kamu, betapa waktu yang kamu miliki saat ini sangat penting), apa yang akan kamu lakukan??? Menangis? Atau Menyesal?
Tangisan kamu nanti tidak akan merubah apapun….
Penyesalan kamupun nanti tidak akan merubah apapun….
So…
Sebelum kamu menangis,,,
atau sebelum kamu menyesal,,,
maka Gunakan waktu kamu saat ini untuk terus belajar!!!Dan kita lihat nanti apa yang akan terjadi???
Selamat mencoba…

0 comments:

Post a Comment